English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

.::Daftar Isi::.

.::You Follow I Follback::.

Minggu, 16 Januari 2011

Software Utilitas Januari 2011

Ampaw Smasher X

Dulu kita pernah akrab dengan tool bernama RRT Release Restrict Tool. Perkakas ini berguna untuk membebaskan fungsi-fungsi administrasi sistem Windows yang dikunci atau di-disable oleh malware. Misalnya, fungsi Regedit, Task Manager, cmd (konsol), msconfig, dan lainnya. Namun sekarang, ternyata RRT sudah tidak lagi sepenuhnya bebas pakai.

Sebagai pengganti, kami merekomendasikan Ampaw Smasher X hasil karya Marco Allam yang memiliki fungsi sama dengan RRT, bahkan lebih lengkap. Selain fasilitas pembebas fungsi administrasi sistem, Ampaw Smasher X juga memiliki fasilitas backup registry, pemindai berkas pemicu malware yang menyamar sebagai berkas autorun.inf, dan penghapus paksa berkas-berkas yang sulit dibuang. Terdapat pula fasilitas penganalisis proses, proteksi operasi tulis terhadap media simpan portabel, pemulihan berkas-berkas kerja Office yang rusak atau terinfeksi malware, penghapus malware di lokasi direktori Startup, pemulih fungsi klik ganda, serta pemulih safe mode.

Ampaw Smasher X tidak perlu diinstalasi. Setiap kali dijalankan, aplikasi akan menampilkan dialog untuk menghapus atau menonaktifkan semua berkas autorun.inf yang mungkin ada di sistem media simpan portabel atau sistem Windows, kecuali yang ada di CD-ROM.

Aplikasi asal Filipina ini juga memiliki fasilitas generator registry policy dalam sistem Windows yang sedang aktif dan dapat diekspor dalam berkas teks untuk dianalisis. Dalam berkas manualnya (readme.txt), Marco menjelaskan Ampaw Smasher X akan bekerja efektif jika disandingkan dengan antivirus yang memberikan perlindungan secara real time, default-nya adalah Avira Antivirus 9. (Vincent Bayu Tapa Brata)

***

Aplikasi portabel ini memiliki keragaman feature pemulih fungsi administrasi sistem Windows,registry, serta pelumpuh berkas pemicu malware adalah nilai unggul dari Ampaw Smasher X.

Spesifikasi Ampaw Smasher X

Jenis

Freeware

Ukuran berkas executable

3,8 MB

Situs web

http://t68kv.multiply.com

Sistem operasi

Windows 2000/XP/Vista/7


Plus
: Gratis; mudah digunakan; kaya feature; portabel

Minus : -


TOR (Vidalia) 0.2

Tentu kita tidak senang jika ternyata segala aktivitas komunikasi lewat internet disadap, dimata-matai, dan dianalisis orang lain. Jika Anda ingin dapat menjelajah internet danchatting tanpa ada yang bisa menyadap, TOR (sebelumnya bernama Vidalia) adalah salah satu alternatifnya.

Sesuai dengan maskotnya, yaitu bawang yang memiliki kulit berlapis-lapis, TOR akan menyebar komunikasi yang berlangsung ke berbagai jaringan relay di seluruh bagian dunia. Manfaatnya, penyadap sangat sulit menentukan alamat situs yang sedang dikunjungi maupun menyadap materi chatting. Fasilitas semacam ini tentu sangat berguna bagi kalangan aktivis, media massa, penegak hukum dan militer yang sedang melakukan komunikasi atau misi rahasia.

TOR bersifat gratis, open source, serta lintas platform (Windows, Linux/Unix, Mac OS, serta Android). Pada paket instalasinya yang dikompresi dengan 7Zip, selain terdapat berkasexecutable utama, ada pula berkas executable Pidgin Portable dan Firefox Portable. TOR sendiri tidak perlu diinstalasi, jadi bersifat portabel juga.

Sesaat setelah dijalankan, pengguna harus menunggu beberapa saat dulu karena TOR berusaha melakukan autentikasi dan menyebar (relay) komunikasi ke banyak server. Peramban web akan segera terbuka dan menampilkan ucapan selamat karena telah behasil menggunakan TOR. Di bagian taskbar Windows juga akan tampil ikon "Tor Enabled" dan pintasan menuju kotak konfigurasinya. Tampil pula ikon pintasan konfigurasi fasilitas pemblokir skrip jahat, yaitu No Script.

Konsekuensi dari penggunaan TOR adalah adanya sedikit penurunan kecepatan berselancar internet maupun chatting. Akan tetapi, hal ini terbayar dengan privasi dan kerahasiaan komunikasi yang kita lakukan. (Vincent Bayu Tapa Brata)

***

TOR menjadi solusi yang bagus untuk para pekerja yang melakukan misi-misi rahasia dan independen. Namun, aplikasi ini menurut kami juga dapat menjadi pisau bermata dua bila digunakan oleh orang jahat dan teroris.


Spesifikasi TOR (Vidalia) 0.2

Jenis

Freeware

Ukuran berkas executable

26,3 MB.

Situs web

https://www.torproject.org

Sistem operasi

Windows, Linux/UNIX, Mac OS, Android.

Plus : Gratis; open source; mudah digunakan; memuat aplikasi peramban & perpesanan instan; portabel; lintas platform

Minus : -

0 komentar:

Posting Komentar